Rabu, 06 November 2013

I Hope You had The Time of Your Life


In de middle of the night..




Pacar udah tidur. Gw belum tidur ,kebetulan megang laptop dan mikir bahwa terlalu banyak ide yg dirasa gemilang mau ditulis di blog ini. Tapi nihil hasilnya.. Entah malas atau terlalu sibuk dengan urusan kerjaan, tapi ketika ide muncul, bahkan muncul nya selagi eek gw juga muncul dan berasa pengen cepat cepat ngeblog. 5 menit kemudian gw udah lupa, tenggelam bersama eek yg habis disiram. Tanpa sisa karna juga cebokan.


De point is..


Belakangan gw merasa sudah menyia nyiakan waktu gw, Do i waste my time? Time for my life? Apa yg udah gw hasilkan buat hidup gw? Apa pencapaian gw di umur twenty six ini? Hampir 2 tahun sudah gw berstatus sebagai karyawan swasta, cuman hampa terasa, gak nyangka juga sebelumnya ada dunia kerja seperti ini. De pressure man. Tekanan yang betul betul bisa bikin lo stress. Stress sekusut kusutnya. Pernah gw ngalamin pulang kerja jam 12 malam, bayangin aja dari pagi sampe tengah malam gw mlototin monitor.



Sebelumnya gw pernah kerja sebagai teknisi, penghasilan pait tapi enjoy, mungkin karna kuliah gw juga dibidang komputer makanya gak ada beban. Tapi permasalahannya adalah duit. Gw butuh income yg lebih besar, gw gak bisa terus terusan ngutang di akhir bulan, gw gak bisa terus terusan bayar utang di awal bulan, gw gak boleh nangis lagi di akhir dan awal bulan, gw harus merubah hidup gw, gw brenti jadi teknisi. Focus untuk  nyari kerjaan baru dgn penghasilan yg lebih baik. Timbul ide untuk ngecat kamar agar otak gw lebih fresh sewaktu bangun pagi biar semangat nyari kerjanya. Catnya warna oren dan biru, melambangkan langit sore dimana orang orang telah menyelesaikan rutinitas kerja dan menuju rumahnya masing masing, sambil berharap besok gajian.



Dan dimulai lah masa job seeker kembali. Masa dimana gw udah niat untuk benar benar konsentrasi mencari kerjaan dengan semua kemampuan yg gw miliki. Gw mulai lari pagi dan berhenti merokok. Minum susu dan makan bubur kacang ijo. Dan di masa ini lah gw bertemu lagi dengan Rizka Mulya Firdausy. Sang mantan. Cinta gw jaman SMA, Cinta yang menghadiahkan diary sebagai kado ulang tahun. cinta malu malu tapi mau, dan cinta yg dibatasi oleh uang jajan sekolah sehingga banyak jalan kakinya daripada naik angkot. Jadinya sering keringatan diatas bibir dan ngomong ngos ngosan. 


Rizka lah yang bantu gw nyari kerjaan sana sani. Nyemangati gw ketika gagal wawancara, nemenin gw sewaktu fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga, fotocopy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir, fotocopy akte kelahiran, dan pencetakan pas foto 4 x 6 dengan latar berwarna merah. Disela sela pencarian kerja ini kami juga sering nyari objek foto karena kebetulan saat itu Rizka lagi senang senang moto, katanya sih pengen jadi Photographer pernikahan.


Dengan pertemuan ini, kita berdua sama sama gak tau hubungan ini akan dibawa kemana (bawa aja kepasar). Gak pernah ngomong seriusan tapi tetap ketemuan. Dan rasanya hubungan masa lalu membuat kita lebih mengerti sifat masing masing. Yang paling gw ingat adalah jangan pernah telat jemput Rizka. Kalau gw telat 15 menit, moodnya lansung down ,30 menit  bakal jadi acara isak tangis.



Disamping pemburuan kerja, gw juga harus memburu Rizka. Ya, gw sadar kalau perasaan itu ada, Gw menikmati kalau udah berduaan sama Rizka. Nyaman, gak jaim dan gak grogi. Bahkan gw ngerasa udah jadian sama Rizka. rasanya Rizka bukan lah teman, hubungan ini bernilai lebih maaaaan.  Sampai akhirnya gw mencoba membuka pembicaraan disebuah cafe gaul. Ceritanya kita habis keliling Bukittinggi buat motoin objek objek pariwisata.



Gw     : Yang.., eh Ka..
Ika      : ya? (sambil ngunyah lontong sayur)
Gw     : Kita jadian tanggal berapa ya?
Ika      : (diem.. lalu minum air putih untuk memaksa menelan lontong sayur bulat bulat dan menatap gw, kayaknya Rizka pusing, karna gw yakin lontong barusan potongannya besar buat ditelan).

Tanpa ada rasa grogi gw balas tatapan Rizka..

Ika      : udah gak ingat, tapi perasaan pas kelas 2 SMA deh.
Gw      : (nyengir) Tos dulu yuk!  TOS!

Dan begitulah jadian kita. Berlangsung hangat dan cepat.


Pengangguran terasa menyenangkan dengan Rizka. Kita masih nyari nyari objek untuk difoto, kata Rizka namanya “hunting”. Selesai shalat shubuh gw bawa kabur motor Papa buat hunting. Hasilnya lumayan, Rizka moto gw yang edit. 


Empat Bulan sudah status pengangguran gw lalui dengan aktivitas ini. Sampai akhirnya ada panggilan dari Perusahaan Swasta dan gw dinyatakan lulus tes. Gw masuk dunia kerja lagi. 


Gajinya lumayan, bahkan udah lebih dari cukup buat gw ketawa di bulan tua. Posisi gw Admin Sales Staff. Posisi yang menganggap nilai nominal 0,00000001 adalah jutaan. Tidak boleh selisih sehelai benang pun pada data perusahaan. Gw Kusut. Merokok lagi.

Tiga bulan pertama gw kerja memang masa suram. Gw belum terbiasa dengan kerjaan seperti ini. Kadang pas jam jam sibuk gw coba untuk diam,mengambil waktu untuk melihat keadaan sekitar, semuanya sibuk dengan kerjaan masing masing, ada yang lagi ngeprint dan ngomong sendiri karna ukuran kertasnya salah, ada yang lagi meeting, lagi NGGAK ngangkat telpon yg berdering , lagi mlototin komputer dengan muka setan, lagi bersumpah serapah dengan monitor. Haha, Gw jadi sadar, inilah dunia kerja, banyak pelajaran yang gw ambil disini. Jika lo pengen duit, aturi perintah perusahaan, jalani kerja lo dengan sebenar benarnya, jangan ada malas, dan jangan ada tidur (gw pernah kedapatan tidur sama Regional manager, APES). Tetap FOKUS!!!. Memang ada masa nya kita jenuh , pengen teriak F*********************U******************CK!!!.   

Tapi tetap sadari lagi, kita butuh duit, makanya kerja. Belajar mencintai pekerjaan. Itulah pesan Papa untuk gw. Ya, keluarga sangat membantu dalam penyelesaian masalah. 


Rizka juga ikut membantu gw meng-enjoy kan kerjaan gw. Rizka adalah pendengar yang baik, gw jamin. Kalau ada masalah gw tinggal ngomong ke Rizka, Rizka ngasih masukan, gw saring lagi, lalu mutusin solusi apa yg dianggap paling tepat. Beruntung Abang punya kamu Dek. 


Gw juga jadi teringat sewaktu gajian pertama, gw bisa ngirim bantuan duit jajan ke adik gw tersayang Rahmia Lenisa dan Lenggogeni, beliin sate buat Mama dan Papa. Baku hantam gw di dunia kerja bisa bikin keluarga senang, maaaan its worth it.


Intinya sih, sesusah apapun kita ngadapin suatu masalah, pasti ada jalan keluarnya, hanya tinggal cara pandang kita masing masing dalam memahami serta menjalaninya. Jangan terlalu dipikirin Moment teman teman di Path, yang lagi arrive dibandara blablabla dan lo mikir “gw kapan seperti itu?”. Bahkan yang HPnya gak support Path juga jangan terlalu dipikirin. Kalau kita udah usaha semaksimal mungkin tapi hasilnya belum sesuai dengan bayangan kita, tetap syukuri keadaan kita sekarang, karna manusia itu gak sia sia, dan kenapa gw seperti Mario Teguh?  Karna Keluarga dan Rizka. And Do i waste My time? Absolutely NOT.. Im Happy.




Foto yang diambil sewaktu pengangguran, lepas ketawa gw, hahaha..



Tulisan ini adalah pengantar untuk postingan selanjutnya dengan judul Rizka Mulya Firdausy.







Bye bye..

5 komentar:

  1. cara jadian kalian unik ya... mungkin cuma ada 1 banding 1 juta.. hihiii
    but,
    nice ^^

    *bikin iri aja hihii ;p

    BalasHapus
  2. hhahahah....i'm gonna be your writing fans...have read all of them...and suka banget dengan gaya penulisannya...gw pikir perjuangan cinta gw jauh lebih berat terntaya ada yg lebih juara dr gw,,,,love your writing...jgn takut, only your writing...nice to meet you again ;)

    BalasHapus
  3. Ah pengen ikut menyemarakkan ah..
    "Maybe it s true, that I can't live without you,
    And maybe two, is better than one.." -Taylor Swift- Two is Better than one
    (sambil nyanyi dengan suara cempreng-cempreng merdu~~)

    BalasHapus
  4. Itu gambarnyo buek surang bang? Kalau iyo, abang baduto, kan ndak pakai laptop, haha
    Eh ndak mungkin lah yo itu abang yang buek, haha

    BalasHapus
  5. hahaha.. keren git.. selamat datang kembali di blog.. *setelah sekian lama blog dirimu babulu barambuik mode jangguik.. hehe :p

    BalasHapus